Bambang Sudibyo Meresmikan Sekolah Gratis di Sumatera Selatan
Wednesday, 25 March 2009

TEMPO Interaktif, Palembang: Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo meresmikan sekolah gartis dAri tingkat Sekolah Dasar hingga Sekola Menengah Atas di Sumatera Selatan, Rabu (25/3). Selain di Sumatera Selatan, Bambang Sudibyo mengajak beberapa gubernur Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan menyediakan sekolah gratis.

Namun demikian, dalam pidatonya, Bambang meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan peraturan daerah, agar sekolah gratis tidak disalahartikan. Sebab pengertian gratis antar daerah bisa berbeda. Oleh sebab itu, pendidikan gratis perlu dukungan pemerintgah daerah.

“Tanpa dukungan Wali Kota dan Bupati serta DPRD tentu program ini tidak akan berjalan, karena itu sangat tergantung kemampuan keuangan daerah masing-masing,” tuturnya.

Menurut menteri, yang tidak boleh adalah pungutan sekolah, kalau sumbangan boleh. Sebab sekolah yang bagus adalah sekolah yang bisa mengumpulkan sumbangan dari komite sekolahnya, yang haram kata Menteri adalah pungutan. Jika ada sumbangan maka mutu sekolah itu tidak akan turun walaupun sekolah itu digratiskan.